Chat Ruhiyah

Beberapa waktu lalu saya chat dengan seorang ummahat di kantor. Beliau hafalannya sudah menjelang 6 juz. Suaminya bekerja di pertambangan, pulang setiap dua bulan. Secara tidak langsung beliau mendidik anaknya sendiri bersama khadimat. Dalam kesibukan kantor dan di rumah beliau sangat gigih menghafal Al-quran. Berikut sedikit chat yang menurut saya berharga untuk menghadapi Ramadhan.

Niken : Assalamualaikum wr.wb.

Unin : Alaikumsalam wr.wb.

Niken : lin sebelum setor (hafalan) ke pak roni kita buat agenda setoran sendiri dulu yuk? gantian. padawaktu selesai sholat gitu aja

Unin : okeh! okeh!

Niken : 1 atau 2 aja. yah hitung2 menumbuhkan semangat kita. mumpung anak aku sedang libur

Unin: oke

Beberapa jam kemudian aku memulai chat lagi:

Unin : mbak niken

Niken : iya lin

Unin : kalo mbak niken murajaah hariannya berapa banyak?

Niken : 2 ayat lin. itu bisa istiqomah mah alhamdulillah. soalnya aku ingin membiasakan tilawah 1 hari 2 juz. akhirnya malam dipakai tilawah, gak murojaah.

Unin : hoo..

Niken : tapi memang harus di pelajari dulu lin irama kerjanya

Niken : ini agak ending kalau sore bis satu juz jelek2nya 1/2 juz lah

Niken : dulu bisa 2 juz sehari harus bangun jam 2

Unin : waah.. kereeen

Unin : menginspirasi

Niken : wajar lin

Niken : emak2

Niken : ples kerja lagi

Niken : aku teh dihati lebih enak kalau puasa daud aku bisa istiqomah, sehari mencapai 2 juz

Niken : akhirnya sudah nikah dan punya anak gini mau gak mau rindu dengan semua itu

Niken : yah akhirnya jalan keluarnya seperti tiu

Unin : howaaan! jazakillah inspirasinya

Niken : iya lin kadang cari temen

Niken : untuk saring berlomba dan menginspirasi

Niken : supaya istiqomah

Niken : dulu lin kalau di kontrakan kan akhwat semua padawaktu kuliah

Niken : jadi bersaing dan malam pada bangun banyak temen

Niken : padawaktu pulang ke sragen

Niken : gak ada temenya tilawah aja target untuk ramadhan

Niken : akhirnya aku ngajak anak2 TPA siapa yang khatam quran sebelum lebaran dikasih hadiah

Niken : akhirnya mereka semangat tiap malam darus ada temenya

Niken : kan gak mungkin aku akan khatam satu kali

Niken : sedang anak2 khatam 1 kali

Niken : nanti aku ngasih hadiah

Niken : tapi jadi seneng lin

Niken : kita jadi semangat

Unin : subhanallah… iya juga.. semangat bisa diciptakan

Niken : makanya kenapa niken kemarin usul seperti itu

Niken : bulan Ramadhan luar biasa sebagai pembelajaran bagi kita

Niken : niken bisa lancar membaca Al-Q pada waktu ramadhan karena setiap malam diajak kemasjid darus

Niken : dan niken juga paling seneng ngukur amalan setelah ketemu ramadhan kembali

Niken : jadi strat dari bulan syawal nanti dinilai lagi setelah ketemu ramadhan

Niken : misal puasa sunah yg terasa

Unin : iya,,, beneeer…

Unin : tilawah berapa kali khatam

Unin : kelihatan ya..

Niken : iya

Niken : niken suka evaluasi puasa daud

Niken : karena aku memelihara itu dari aku Kl 6SD

Niken : alhamdulillah sampai sekarang

Niken : pernah berhenti pada waktu hamil

Niken : tapi Allah langsung mengembalikan lagi

Niken : karena janin besar

Niken : jadi boleh puasa, dalam hati senang

Unin : ho… subhanallah, udah lama banget berarti yah shaum daud.

Unin : waaw! nikmat kayaknya

Niken : iya makanya kalau gak puasa badanya jadi berat

Niken : dan jadi gak pernah kena mah

Niken : dan aku juga jarang makan nasi akhirnya karena suka lupa

Niken : paling ngemel aja

Unin : shaum daud itu memang menjaga kesehatan ya…

Niken : yah namanya shoum teh menjaga kesehata

Niken : kalau aku berfikir puasa daud itu yah mengatur polo makan

Niken : dan jangkanya sebentar

Niken : kalau senin kamis itu kan lama

Niken : aku berfikirnya begitu dulu

Niken : dan yang lebih mantap itu akan menjaga akhlak kita

Niken : karena lapar jadi yah kalau gak orjen dan penting gak akan dilakukan

Niken : dan suka cuek

Unin : iya bener juga walopun tetep berat pas bagian menjaga akhlak

Chat dengan mbak Niken memang speachless.. jadi kayak orang manggut-manggut aja hehe.. Semoga bisa seperti beliau aamiin..

Leave a comment

9 Comments

  1. salam ke mba niken🙂

    Reply
  2. angkasa13 said: salam ke mba niken🙂

    nanti aku sampaikan🙂

    Reply
  3. Aamiin……doakan saya jg ya mbak…..:)

    Reply
  4. hmm.. jauh sekali😦

    Reply
  5. sukmakutersenyum said: wah…🙂

    how?🙂

    Reply
  6. cawah said: Aamiin……doakan saya jg ya mbak…..:)

    saling mendoakan ^^b

    Reply
  7. titintitan said: hmm.. jauh sekali😦

    yang jauh mendekat, yang dekat merapat🙂

    Reply
  8. subhanallah……………….

    Reply

Leave a Reply

Wanderer Soliloquy

This blog is an embryo of what may be a soliloquy, a nonfiction, or something in between. With a bowl of my private insights on spirituality, a pinch of science, a jar of environmental issues, some literature spices, and sacks of simple events from my daily life, this is a naked kitchen where everyone is invited to watch how I juggle with all of the ingredients. When it’s done, you’re welcome to have a free taste of whatever it is on the serving table. Perhaps, together, we can give it a name.

Cerpen Koran Minggu

Kompas-Republika-Jawa Pos-Suara Merdeka-Koran Tempo-Media Indonesia

From This Moment

\"Das Gestern ist nur die Erinnerung des Heute und das Morgen ist dessen Traum\"

ILMIBSI

Ikatan Lembaga Mahasiswa Ilmu Budaya dan Sastra se-Indonesia

(Masih) Manusia Itu Unik, Saya Salah Satunya

pemikirulung yang pesen lapak di wordpress

what has happened?

premature ventricular contractions

Luckty Si Pustakawin

We live the life of an unfinished novel, still waiting to be written. –Absolute Stephanie-

windamaki's blog

Was gibts Neues?

Oracle, Web, Script, SQLserver, Tips & Trick

oracle, programming, kulik, sqlserver, web, javascript

