Remedial

0

: langit

Ini sekadar pengingat buat kamu yang sedang meniti jalan keselamatan yang selama ini telah kamu yakini. Bukankan setiap dosa akan kembali kepada sesiapa yang melakukannya? Adil dan tepat! Dia akan membalas setimpal sesuai dengan dosa yang kamu perbuat. Maka setiap masalah yang kamu terima, pasti adalah teguran yang ia berikan atas dosa – dosa yang kamu perbuat dengan atau tanpa sengaja, besar atau kecil.

Menyadari dosa diri sebagai penyebab masalah yang kamu alami adalah sebuah karunia. Mengakui bahwa kamu telah melakukan kesalahan adalah karunia. Menyesali dosa yang telah kamu perbuat adalah karunia. Bertaubat atas dosa yang telah diperbuat adalah karnia. Namun, karunia terbesar adalah keyakinan dan kemantapan untuk terus menerus mampu menyadari, mengakui, menyesali, bertaubat, dan tidak mengulang lagi dosa yang diperbuat.

Taubat nashuha itu takada akhirnya! Itu yang harus kamu ingat!  Jangan pernah merasa selamat dari dosa, karena hati adalah makhluk Allah Swt yang amat mudah berbolak-balik, amat mudah berubah. Dosa halus dalam hatimu adalah ranjau yang dapat setiap saat kamu buat. Maka, meminta ampun kepada-Nya setiap saat adalah keharusan. Taubat setiap saat adalah kewajiban!

Ingatlah! Pada masalah (yang kamu anggap) besar yang hadir dalam episode kehidupanmu, ada simpul-simpul dosa yang akan kamu temukan. Tugas besarmu selanjutnya adalah: tidak mengulang dosa yang sama setelah pertaubatan. Periksa dosa-dosa lain yang mungkin akan memunculkan masalah-masalah lain. Bertaubatlah sebelum Allah Swt menegurmu dengan masalah (yang kamu anggap) besar lainnya.

Saat kamu menemukan de javu. Saat tiba-tiba satu kejadian menjadi pemicu kesalahan yang sama dengan orang yang berbeda. Sadarlah! Boleh jadi, kamu sedang menghadapi remedial dari-Nya. Hadapi dengan memilih apa yang Ia suka dan menjauhi apa yang Ia tidak suka. Berpaling secepatnya dari sumber masalah adalah keharusan. Jangan sampai kamu jatuh ke lubang yang sama dengan cara yang sama. Itu adalah kebodohan! Selesaikan masalah itu dengan cepat agar kamu dapat lulus dengan cepat, dan naik kelas dengan cepat pula.

Peka! Pekalah membaca setiap peluang dosa pada setiap kejadian. Pekalah menerjemahkan bimbingan-Nya pada setiap kisah baru dalam cerita hidupmu. Mantaplah memilih yang Ia suka. Jangan tertipu dengan dunia yang menjadi cara setan membuatmu terlena! Karena dunia hanya sementara. Karena akhirat kekal adanya. Karena kamu harus dengan selamat berjumpa dengan-Nya.

Leave a comment

5 Comments

  1. Suka banget sama tulisan yang ini “Pekalah membaca setiap peluang dosa pada setiap kejadian. Pekalah menerjemahkan bimbingan-Nya pada setiap kisah baru dalam cerita hidupmu. Mantaplah memilih yang Ia suka. Jangan tertipu dengan dunia yang menjadi cara setan membuatmu terlena! Karena dunia hanya sementara. Karena akhirat kekal adanya. Karena kamu harus dengan selamat berjumpa dengan-Nya.

    Reply
  2. kirain Remidi😀 maklum masih sekolah sih,…

    Reply
  3. Saat kamu menemukan de javu. Saat tiba-tiba satu kejadian menjadi pemicu kesalahan yang sama dengan orang yang berbeda. Sadarlah! Boleh jadi, kamu sedang menghadapi remedial dari-Nya. Hadapi dengan memilih apa yang Ia suka dan menjauhi apa yang Ia tidak suka. Berpaling secepatnya dari sumber masalah adalah keharusan. Jangan sampai kamu jatuh ke lubang yang sama dengan cara yang sama. Itu adalah kebodohan! Selesaikan masalah itu dengan cepat agar kamu dapat lulus dengan cepat, dan naik kelas dengan cepat pula.

    jujur ini mba, aku nemu hidayah dari tulisan ini dan sebelumnya solusi dari sharing teman.. ternyata gelisah hati selama ini terjawab sudah karena dosa yg belum bisa dikikis🙂
    syukran mba

    Reply

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Wanderer Soliloquy

This blog is an embryo of what may be a soliloquy, a nonfiction, or something in between. With a bowl of my private insights on spirituality, a pinch of science, a jar of environmental issues, some literature spices, and sacks of simple events from my daily life, this is a naked kitchen where everyone is invited to watch how I juggle with all of the ingredients. When it’s done, you’re welcome to have a free taste of whatever it is on the serving table. Perhaps, together, we can give it a name.

Cerpen Koran Minggu

Kompas-Republika-Jawa Pos-Suara Merdeka-Koran Tempo-Media Indonesia

From This Moment

\"Das Gestern ist nur die Erinnerung des Heute und das Morgen ist dessen Traum\"

ILMIBSI

Ikatan Lembaga Mahasiswa Ilmu Budaya dan Sastra se-Indonesia

(Masih) Manusia Itu Unik, Saya Salah Satunya

pemikirulung yang pesen lapak di wordpress

what has happened?

premature ventricular contractions

Luckty Si Pustakawin

We live the life of an unfinished novel, still waiting to be written. –Absolute Stephanie-

windamaki's blog

Was gibts Neues?

Oracle, Web, Script, SQLserver, Tips & Trick

oracle, programming, kulik, sqlserver, web, javascript

%d bloggers like this: