#25DayBlogChallenge: 10 Song I L.O.V.E

lagu

Karena nggak pernah update soal lagu, aku biasanya ngulang-ngulang satu lagu yang –semacam harta karun- baru aku temui. Padahal lagu itu udah jamuran di folder orang-orang sekitarku. Aku juga lebih suka ngedengerin musikalisasi puisi Sapardi Djoko Damono. Salah seorang temen bilang, musikalisasi puisi yang aku dengerin mirip lagu gereja. Tetapi sampai hari ini aku masih suka aja ngedengerinnya. Setiap ngangkot, aku suka pakek headset dan lagi-lagi ngedengerin satu lagu yang diulang-ulang. Karena memori HP yang terbatas, cuma ada empat lagu di sana. Dengan prolog yang gak penting dan apologis ini, berikut adalah lagu-lagu yang aku punya, entah bisa disebut lagu yang aku cintai atau enggak.

Incomplate – Backstreetboys

Nggak maksud siy ngasih peringkat sama lagu-lagu yang aku suka. Aku nyebutin lagu ini di bagian pertama karena dia udah jadul aja. Aku suka BSB sejak eSeMPe. Sejak menghafal Quran, aku ngehapus semua lagu tapi entah kenapa selalu balik ngedonlot lagu ini. Yang jadi magnet lagu ini cuma bait:

I’d try to go on like i never knew you

I’m awake but my world is half asleep

I pray for this heart to be unbroken

But without you all i’m going to be is incomplete

Mungkin ya, karena ada kata pray aku jadi suka bagian lagu ini. Lagu ini memperlihatkan usaha untuk melupakan orang yang dia perlukan. Frasa “try to go on like i never know you,” sama “pray for this hearth to be un broken,” menggambarkan usaha yang besar banget buat lupa. Jawabannya ya incomplete itu. Selain maknanya, faktor terbesar yang bikin aku suka, bagian ini dinyanyiin sama Nick Carter, personil kesukaan siapapun yang merasa alay. Ahahah! Pokoknya, walaupun sudah tersisih dari perbendaharaan lagu yang ada di HP, lagu ini masih ada di laptop lah. Hearable kalo aku mau nostalgila dan meng(g)enang masa-masa alay tingkat akhir kuliah atau masa awal kerja.

Hurt – Cristina Aguilera

Ternyata ya ternyata, aku pencinta lagu galau hahah! Lagu ini nggak mungkin banget aku tirukan, karena suara Cristina Aguilera jadi impian bahkan buat penyanyi Sherina sekalipun. Lha aku, bisa bikin lubang kubur sendiri kalo ngikutin nyanyi pas ngedengerin lagi ini pakek headset. Linda Fales lah jadinya nanti. Aku suka lagu ini semenjak selesai kuliah keduaku. Setelah sempat nemenin ayah-ibu di rumah. Kerasa banget lah pokoknya berpisah itu kadang bikin kangen dan keseringan bareng itu bikin gampang berantem sama orang tua. Setelah balik ke Bandung, aku jadi suka lagu ini, apalagi bagian ini:

Oh, I’m sorry for blaming you

For everything I just couldn’t do

And I’ve hurt myself

Begitulah orang-orang bergolongan darah O. Secara kasat mata mereka lagi blaming padahal di dalem hati lagu hurt myself. Makanya jangan pernah nyoba berkonflik sama golongan darah ini. Kasihan ke kamu dan ke dianya juga. Pentiiing! Hahaha!

Ketika Cinta Memanggil – Opick

Lagu ini mulai dipopulerkan oleh Siti Nurhaliza sejak ada film Perempuan Berkalung Sorban. Aku lebih suka lagu versi Opick karena kesannya lebik khusyuk. Lagu ini semacam lagu cinta, jadi sufistik karena jadi soundtrack film Hanung Bramantyo. Sampai saat ini aku belum pernah nonton film itu dan gak akan terjebak makna berdasarkan film. Aku suka lagu ini karena dia mengingatkan pada syahadat.

Ada tiada rasa dalam jiwa

Rindu akan memanggil Mu

Karna setiap jiwa tlah bersumpah setia

Hanyalah pada Mu

Selalai apapun pikiran seseorang, hati akan selalu condong pada kebenaran Allah SWT. Namun, ada orang yang ngikutin kata hati, mencari hidayah dan bertemu dengan kebenaran, ada juga yang ingkar. Ya, karena dulu, duluuu sekali kita pernah berjanji. Karena manusia sering lupa, Allah SWT mencatatnya dalam Al Quran:

“Dan ingatlah ketika Tuhanmu mengeluarkan dari tulang sulbi anak cucu Adam keturunan mereka dan Allah mengambil kesaksian terhadap ruh mereka, ‘Bukankah Aku ini Tuhanmu?’ Mereka menjawab, ‘Benar (Engkau Tuhan kami), kami bersaksi.’ (Kami melakukan yang demikian itu) agar di hari kiamat kamu tidak mengatakan, ‘sesungguhnya ketika itu kami lengah terhadap ini,” (Al A’raf: 172).

Kalau udah terpaut hatinya sama Allah SWT, terjadilah bait kedua dalam lagu ini:

Bila cinta ada di dalam jiwa

Wangi bunga dunia tanpa nestapa

Sgala yang dirasa hanyalah Dia

Hatikan memuja hanya padaNya

Hati hanya tunduk kepada pemiliknya. Pahit, manis, asam, asin kehidupan dunia ya dianggapnya tawar-tawar saja. Dunia tidak melenakannya. Kalau lagi galau dunia, buru-buru deh dengerin lagu ini. Aku ya.. kebiasaanku maksudnya.

Hanya Hamba Allah – Opick feat. Amanda

 

Sudah dapat dipastikan ya, aku adalah pendengar setia lagu-lagu Opick. Menurutku lagunya lebih khusyuk ketimbang lagu-lagu nasyid zaman sekarang yang konsentrasinya kebanyakan cinta lawan jenis. Ya, kalo mau ngedengerin begituan, mending sekalian denger lagu Noah atau Backstreetboys. Semacam lagu pertama yang aku review di atas hehe. Lagu ini aku suka karena bait-baitnya menenangkan.

Detik waktu kan berlalu

Suka duka kan berlalu

Tiadalah semua abadi

Tangis tawa air mata

Semua kan berlalu dan pergi

Lagu ini ngingetin aku sama salah satu ayat favorit di surat Al Hadid:

“Setiap bencana yang menimpa di bumi dan yang menimpa dirimu sendiri, semuanya telah tertulis dalam kitab (lauh mahfudz) sebelum Kami mewujudkannya. Sungguh yang demikian itu mudah bagi Allah. Agar kamu tidak bersedih hati terhadap apa yang luput dari kamu, dan tidak terlalu gembira terhadap apa yang diberikan-Nya kepadamu. Dan Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong dan membanggakan diri,” (Al Hadid: 22-23).

Biarpun ya.. biarpun.. nampaknya lagu-lagu yang aku dengerin mencerminkan kegalauan yang penting ada sedikiiit manfaat yang bisa diambil dari lagu-lagu yang aku dengarkan.

Terhebat – CJR

Kealayanku semakin terlihat dengan munculnya CJR di list lagu yang aku dengerin hahahay! Udah jadi rahasia umum kalau lagu-lagu cinta CJR banyak yang menyesatkan anak-anak ABG. Mereka jadi dewasa sebelum waktunya. Aku juga kaget ada lagu ini di antara lagu-lagu cinta gak jelas macam #eaaa #eaaa Coboy Junior dulu. Lagu ini jadi mood booster setiap aku ikutan kompetisi apapun.

Tak perlu tunggu hebat untuk berani memulai apa yang kau impikan

Hanya perlu memula untuk menjadi hebat raih yang kau impikan

Seperti singa yang menerjang semua rintangan tanpa rasa takut

Yakini bahwa kamu terhebat

Ya, walaupun disebut naif karena percaya sama lagu anak ABG alay, aku masih tetep mempertahankan lagu ini di HP jadulku.

Sebelum Selamanya – Sherina

Aku jadi penggemar Sherina sejak dia meluncurkan album pertama. Alhamdulillah, aku masih jadi generasi yang pernah ngalamin ngedenger lagu anak-anak dengan kualitas syair, musik, dan suara penyanyi yang bermutu tinggi. Beruntungnya juga, dari sisi musik, setelah dewasa Sherina well educated. Dia sudah menyanyikan lagu-lagu yang diciptakan dan diaransemen sendiri.

Lagu yang biasa tapi jadi nggak biasa karena liriknya bagus adalah “Sebelum Selamanya.” Maknanya standar tentang komitmen yang diminta seseorang terhadap pasangannya sebelum melangkah lebih jauh, tapi padanan katanya keren. Ini bukan tentang pacaran, ini tentang pernikahan. Ini bukan cuma tentang dunia, ini tentang akhirat juga. Mengapa? karena semua pertanyaan diajukan sebelum selamanya, kehidupan yang never ending. OMG! Aku lebay banget ya! Ini sudah memasuki halaman ke-4. Soal kutipan lirik, aku suka semua bagian lagu ini. Kalau dikutip nampaknya bakal ngabisin tempat. Sila cari sendiri liriknya, atau kamu pasti sudah punya lagu ini :p

Sabar – Afgan

Tibalah aku pada kebiasaan paling biasa yang dilakukan oleh perempuan-perepuan Indonesia, yaitu ngedengerin lagu Afgan. Sebenernya aku suka lagu ini tanpa sengaja. Waktu ngilangin ngantuk ngerjain tesis jam 3.30 pagi, kebiasaanku adalah nonton video klip Sherina. Nah, karena label Sherina dan Afgan sama, nyasarlah aku ke video klip lagu ini. Yang bikin aku jatuh cinta sama lagu ini adalah ide kreatif video klipnya. Tim kreatifnya paaasti riset dulu sebelum memutuskan pilihan cerita ini. Video klip lagu ini gabungan antara riset, cerita, teknik penyajian cerita yang top. Alurnya yang maju-mundur itu keren! Detail properti di kamar Afgan yang terisolasi juga keren. Salut lah pokoknya sama tim kreatifnya.

Setelah sering nonton video clipnya, aku makin sering dengerin lagunya. Hmm.. bagus juga. Apalagi pas bagian “rahasiakan aku sedalam-dalamnya cintamu.” Biar kita makin lekas bertemu, cukup sebut-sebut namaku dihadapan-Nya, nggak usah disebutin ke manusia! “Selamanya, di hidupmu, aku kekasihmu.” Di syair ini juga ada kata “selamanya.” Aku maknai sebagai kehidupan yang selamanya juga. So that, ketika hanya disebut-sebut di hadapan-Nya saja, semoga bisa jadi kekasih dalam kehidupan yang selamanya. Selamat datang di posting alay Linda!

Perahu Kertas – Fatin Sidqiya Lubis

 

Sebelumnya aku agak alergi sama perahu kertas. Mungkin karena envy sama Dewi Lestari yang bisa bikin lagu sederhana dengan makna yang dalam. Diksinya di lagu itu memperlihatkan keakraban “aku” dan “kau.” Pantaslah kalau dia menjadi cerita percintaan sahabat. Aku mulai menyerah ngedengerin lagu ini sejak dinyanyikan Fatin di XFactor. Suaranya yang power full aku pikir nggak cocok nyanyiin lagu macam ini. Ternyata eh ternyata, aku lebih suka lagu versi Fatin. Selain itu, video Fatin yang nyanyiin lagu ini sambil duduk di panggun XFactor juga bikin aku terkesan. Jilbabnya hijau toska bikin Fatin anggun banget deh.

If Aint Got You – Alicia Key

Lagu ini masuk playlistku sejak aku nonton drama korea Inocent Man. Ceritanya tentang seorang laki-laki bernama Kang Ma Ru yang gak pernah ngedapetin satupun keinginan dalam hidupnya. Takdir mengharuskan dia ngelepas cita-cita, harta, dan cinta yang sudah pada detik-detik terakhir akan dia dapatkan.

Some people live for the fortune

Some people live just for the fame

Some people live for the power, yeah

Some people live just to play the game

Menjelang akhir cerita ternyata Kang Ma Ru harus operasi karena ada gumpalan darah di otaknya. Setiap operasi selalu berisiko kematian. Ya, akhirnya ketakutan terbesar setiap orang adalah kematian. Bagi yang percaya keberadaan kehidupan setelah kematian, rugi banget kalo gak bisa nyiapin bekal di dunia. Buatku, If Aint Got You, tertuju ke Tuhan. Coba deh dengerin dengan pemaknaan yang berbeda, mungkin lagu ini bisa lebih bermakna.

Just The Way You Are – Bruno Mars

 

Buat perempuan, seperti biasa lagu ini memotivasi diri untuk tampil apa adanya. Berdasarkan video clipnya siy, ada pesan tentang perempuan berkulit hitam juga tetep cantik. Di belahan bumi bagian sana kan disadari atau tidak, apartheid sudah dihapuskan pun tetap sisa-sisa kepercayaan bahwa yang putih lebih cantik daripada yang hitam itu masih jadi kepercayaan sebagian besar perempuan. Buatku, jadi diri sendiri kan nggak melulu soal fisik ya. Apapun lah, apapun nggak usah lah terpengaruh orang lain kalau memang Allah nggak ngelarang dan gak benci.[]

 

PS: Yang baca, sejak beberapa menit lalu waktumu terbuang sia-sia :p

Previous Post
Leave a comment

2 Comments

  1. hihihi CJR aja yang kerasa janggal di daftar itu😀

    Reply

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Wanderer Soliloquy

This blog is an embryo of what may be a soliloquy, a nonfiction, or something in between. With a bowl of my private insights on spirituality, a pinch of science, a jar of environmental issues, some literature spices, and sacks of simple events from my daily life, this is a naked kitchen where everyone is invited to watch how I juggle with all of the ingredients. When it’s done, you’re welcome to have a free taste of whatever it is on the serving table. Perhaps, together, we can give it a name.

Cerpen Koran Minggu

Kompas-Republika-Jawa Pos-Suara Merdeka-Koran Tempo-Media Indonesia

From This Moment

\"Das Gestern ist nur die Erinnerung des Heute und das Morgen ist dessen Traum\"

ILMIBSI

Ikatan Lembaga Mahasiswa Ilmu Budaya dan Sastra se-Indonesia

(Masih) Manusia Itu Unik, Saya Salah Satunya

pemikirulung yang pesen lapak di wordpress

what has happened?

premature ventricular contractions

Luckty Si Pustakawin

We live the life of an unfinished novel, still waiting to be written. –Absolute Stephanie-

windamaki's blog

Was gibts Neues?

Oracle, Web, Script, SQLserver, Tips & Trick

oracle, programming, kulik, sqlserver, web, javascript

%d bloggers like this: